Jum’at siang (19/10), ruas jalan di kota Surabaya dipenuhi iring-iringan kendaraan mengangkut barang-barang logistik bantuan kemanusiaan dari masyarakat Jawa Timur menuju Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke titik kumpul di Masjid Mujahidin Jalan Perak Barat Surabaya, pukul 14:00 untuk acara seremonial pemberangkatan ke terminal kargo.  Sedikitnya ada 10 truck dan 8 pickup yang dihimpun melalui lembaga-lembaga zakat yang ada di Jawa Timur sinergi dengan Forum Zakat (FOZ) Jawa Timur dan Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN).
         Lembaga pengelola zakat yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) Jatim bekerjasama dengan Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) mengirim bantuan logistik ke Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (19/10) melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Bantuan yang dimuat dengan 10 truck dan 8 mobil pick up itu selanjutnya akan diangkut dengan kontainer Meratus melalui kapal laut menuju Pelabuhan Palu, Sulawesi Selatan.
         Kholaf Hibatulloh, koordinator lapangan kegiatan tersebut mengatakan bantuan itu merupakan donasi yang dikumpulkan oleh 12 lembaga amil zakat yang ikut terlibat gotong royong dalam kegiatan itu. Lembaga-lembaga itu adalah Lazis Haromain, Lazis Nurul Falah, Lembaga Manajemen Infaq, YDSF, Dompet Dhuafa, LPI, Yatim Mandiri, LAZ Ummul Quro, Nurul Hayat, BSMI, Rumah Infaq Indonesia, serta Galena Rescue.
         
“Alhamdulillah, kegiatan ini terselenggara karena ada sinergi dari banyak lembaga zakat di Jawa Timur. Inilah bentuk kepedulian bersama yang amanahnya disampaikan oleh lembaga amil zakat untuk korban gempa di Palu dan Donggala,” ujar Kholaf, koordinator lapangan pengiriman bantuan.

Kholaf menambahkan, bantuan yang disalurkan meliputi kebutuhan sembako, air mineral, terpal, jenset, obat-obatan, pampers, pembalut, tisu, dan alat pertukangan. “Jumlah detailnya ada di masing-masing lembaga, karena setiap lembaga punya posko bencana di tempat berbeda dengan kebutuhan yang berbeda pula. Dan alhamdulillah, IPCN membebaskan biaya pengiriman,” imbuhnya. 
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
Top